Islamic Boarding School
SMP – SMA
Pondok Pesantren  Babul Khairat (Putra – Putri)

PROFIL:
“Allah akan meninggikan derajat orang-orang beriman diantara kalian dan yang berilmu pengetahuan beberapa derajat…” (Al-Mujadilah: 11)

VISI:
Menjadi Sekolah Islam Berasrama Yang Menintegrasikan Pendidikan Umum (Formal) dengan Pendidikan Salaf Pesantren Dalam Satuan Pendidikan

MISI:

  • Membentuk generasi Islam Yang beraqidah lurus (ahlus sunnah waljama’ah), berakhlak terpuji, rajin beribadah, berwawasan luas, dan giat berdakwah
  • Mengajarkan materi pendidikan umum sesuai kurikulum pemerintah dengan tetap memperhatikan kesesuainnya dengan prinsip-prinsip keislaman yang baku
  • Memberikan bekal kemampuan bahasa Arab sebagai bahasa agama, dan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional
  • Memberikan pemahaman mendalam terhadap hukum Islam (fiqh) sebagai panduan hidup dalam beribadah dan bermasyarakat
  • Memotivasi setiap peserta didik untuk memadukan kemampuan ilmu umumnya dengan pemahaman agama yang baik sebagai bekal untuk berdakwah dalam masyarakat modern.

PENDIDIKAN BERBASIS AGAMA DAN MORAL:
Berbeda dengan model pendidikan kebanyakan, Pendidikan Berbasis Agama dan Moral adalah pendidikan yang mengedepankan  pendidikan agama dan penanaman budi pekerti yang baik (akhlak) sebelum pemberian ilmu yang lain.

Pengertian Agama dan Moral:

  • Pengenalan dan pengakuan terhadap eksistensi Allah sebagai Tuhan satu-satunya yang menciptakan semesta, wajib disembah dan ditaati.
  • Pencapaian kualitas ibadah yang maksimal sebagai manifestasi penghambaan terbaik kepada Allah ‘azza wajalla
  • Penonjolan tingkah laku yang baik sebagai cerminan generasi muslim yang berkarakter yang diharapkan oleh Agama, Bangsa dan Negara.
  • Pendidikan sebagai proses pembentukan akhlak adalah proses pendidikan yang tidak hanya mengajarkan teori ilmu yang tertera di buku, tapi juga mengajarkan perilaku, tatakrama, kesopanan, kebaikan dan pengabdian.  Pendidikan agama sebagai proses pembentukan menjadi hamba yang bertakwa, tidak sekedar pengajaran kaidah-kaidah syariat sebagaimana yang termaktub dalam berbagai disiplin ilmu agama, tapi yang terpenting adalah pemberian keteladanan dari para pendidik dan semua orang yang terlibat dalam proses ini secara berkesinambungan. Ini adalah salah satu khas pendidikan yang terintegrasi dengan pondok pesantren.

KURIKULUM:
Kurikulum Pemerintah, yang meliputi materi pelajaran sebagaimana yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama.
Kurikulum Kepesantrenan, yang meliputi materi pendidikan diniyah sebagaimana yang menjadi standart di pondok-pondok salaf.

****

METODE PEMBELAJARAN:

Menerapkan berbagai metode, seperti alamiah dan ilmiah, faktual dan rasional, deduktif dan induktif, subyektif dan obyektif, tanpa menjadikan salah satu metode lebih dominan dari yang lain. Metode ini diharapkan bisa menghilangkan dikotomi ilmu agama dan umum sebagaimana yang selama ini menjadi paradigma salah di tengah masyarakat. Obyektif dan subyektif adalah aspek dari realitas yang sama dan saling melengkapi. Sehingga satu sama lain tidak akan pernah bisa dipisahkan.

RASIO:

1 orang guru = 5 orang siswi

DIMENSI PENDUKUNG:

Sekolah ini terletak di dalam lingkungan Pondok Pesantren Babul Khairat, Lawang,  Malang, Jawa Timur, yang hijau dan berhawa sejuk. Selain bernuansa keagamaan, lingkungan pendidikan ini juga sengaja ditata dan dipola sedemikian rupa sehingga dapat mengembangkan dua aspek imajinatif kepada para siswa, yaitu sensitive dan kognitif.

Untuk pencapaian hasil dari proses belajar mengajar yang maksimal, sekolah ini dilengkapi dengan:

  • Asrama
  • Mushalla
  • Perpustakaan
  • Laboratorium Komputer
  • Jaringan Internet
  • UKS

Untuk Pendaftaran Ma’had Babul Khairat, klik link dibawah ini

http://www.babulkhairat.net/pendaftaran/mahad-babul-khairat/

Untuk Pendaftaran SMP + Ma’had Babul Khairat, klik link dibawah ini

http://www.babulkhairat.net/pendaftaran/smp-mahad-babul-khairat/

Untuk Pendaftaran SMA + Ma’had Babul Khairat, klik link dibawah ini

http://www.babulkhairat.net/pendaftaran/sma-mahad-babul-khairat/

Leave a Reply

Leave a Comment